Cara Install Framework Laravel PHP di XAMPP ( Web Framework ) - Complete

Home » , , » Cara Install Framework Laravel PHP di XAMPP ( Web Framework ) - Complete

Laravel
Selamat datang kembali pengunjung setia blog Haltar Ilmu, pada kesempatan ini saya akan melengkapi postingan tentang "cara install framework laravel PHP di XAMPP - Part 1" yang sudah saya jelaskan tempo hari.

Baiklah, kemarin kita sampai di tahap download software composer, sekarang waktunya pembahasan cara install laravel selengkapnya. Check it out !

Uraian / Penjelasan

Setelah rekan-rekan memenuhi syarat install laravel versi php minimal 5.3.7 dan sudah download software composer maka selanjutnya rekan-rekan download framework laravel nya. Namun ternyata framework laravel dapat di download ketika sudah install composer nya.

  1. Langkah-langkah install laravel
  • Enable kan OpenSSL

OpenSSL terdapat di file php.ini posisinya pada drive ( C:\xampp\php\php.ini ), posisi tersebut yang ada di laptop saya.

Php.ini biasanya dalam folder php tersebut ada 3 macam, yaitu : php.ini, php.ini-development, dan php.ini-production. Yang harus anda edit OpenSSl nya adalah file php yang bertanda kuning dibawah ini.

php.ini

Untuk membuat OpenSSL enable adalah anda harus cari di file tersebut tulisan extension=php_openssl. Lalu ubah OpenSSL dengan cara menghapus komentar nya, sehingga menjadi seperti dibawah ini :
 ;extension=php_openssl.dll menjadi extension=php_openssl.dll 
Fungsi dari enable ini adalah membuat software composer yang akan anda install di langkah selanjutnya dapat berjalan di cmd.
  • Proses install composer
Cara install aplikasi ini sama seperti aplikasi yang biasa rekan-rekan install di laptop masing-masing, nanti rekan-rekan akan di hadapkan pada pilihan install shell menus dan do not install shell menus.

Rekan-rekan pilih install shell menus saja, karena dengan begitu rekan-rekan dapat langsung membuka composer di cmd langsung dengan cara klik kanan pada folder yang akan di install laravel.



  • Install laraver
Instalasi laravel dilaksanakan dengan memanfaatkan command prompt windows rekan-rekan. Sebelum membuka cmd anda, buatlah terlebih dahulu folder dengan nama laravel di path C:\xampp\htdocs\ . Kemudian buka cmd anda lalu masuklah ke path folder laravel yang anda buat tadi, contoh :

masuk ke folder yang dibuat

Lalu install framework laravel nya dengan meletakkan sintak dibawah ini pada path yang sudah diketikkan di cmd diatas, 
composer create-project laravel/laravel project-name --prefer-dist

Gantilah  project-name sesuai dengan nama project yang rekan-rekan inginkan.

install laravel
Proses untuk install laravel membutuhkan waktu yang cukup lama, jadi untuk install laravel ini memang membutuhkan kesabaran yang berbeda. “Tunggu sampai Laravel terinstall sampai lengkap”.

Setelah installasi complete, untuk memastikan framework laravel terinstall dengan benar di laptop/komputer rekan-rekan, silahkan cek di folder yang rekan-rekan install laravel tadi. Di local disk C:\xampp\htdocs\nama-folder. Atau cek di browser rekan-rekan dengan url localhost/nama-folder/public. Karena memang file index.php nya terdapat di folder public.

Sehingga akan muncul tampilan seperti dibawah ini :

Tampilan Awal

Saya kira sampai disini dulu ya untuk pembahasan kali ini, semoga pembahasan ini bemanfaat bagi rekan-rekan blogger Haltar Ilmu sekalian,, Amin.
.
Share this article :