Sejarah OpenGl Praktikum Komputer Grafik

Home » , » Sejarah OpenGl Praktikum Komputer Grafik
Sebelum saya memaparkan tentang sejarah OpenGl, saya ingin membagi sebuah kata-kata yang bisa dipikirkan oleh anda semua!


"Sebesar apapun belas kasihan anda hingga ingin memperbaiki hal yang tak layak menjadi layak didepan mata TETAP tidak akan ada harganya selama anda masih belum memiliki satu hal yang dinamakan KEKUASAAN"


Kata-kata tersebut muncul di benak saya ketika saya dengan amat serius mengamati kisah dari sebuah film yang berjudul "The Heirs".

Baiklah langsung meluncur ke topik postingan sesi ini, kali ini saya akan memposting Tugas Pendahuluan 1 Praktikum Komputer Grafik. 



TUGAS PENDAHULUAN

Soal !
  1. Jelaskan secara singkat sejarah OpenGl!
  2. Sebutkan beberapa contoh software yang menggunakan OpenGl!
  3. Apa kegunaan dari operasi glBegin() dan glEnd()?
  4. Jelaskan apa itu Vertex!
Jawab !
  1. Professor dari universitas Stanford bernama Jim Clark memulai membuka perusahaan komputer grafik pertama yaitu Silicon Graphics System Computer (SGI) pada tahun 1982. Teknisi SGI menginginkan pengoperasian dan transformasi 3D standar maka dari itu mereka menciptakan sebuah aplikasi pemrograman antarmuka (API) yang bernama IrisGl. IrisGl tidak bersifat Open-Standart sehingga saat mulai pemasaran, dilapangan kalah saing. Jadi untuk menanggulangi ketidaknyaman ini, SGI membuat API baru yang bernama OpenGl.
  2. Contoh dari pada software yang menggunakan Opengl adalah :
    a. Adobe After Effect
    b. Adobe Photo Shop CS3 dan CS 4
    c. Blender
    d.Cube
    e. Open Arena
    f. Star Wars
    h. Angry Birds
  3. Kegunaan dari glBegin() adalah sebuah syarat untuk memulai membuat vertex(titik)
    Kegunaan dari glEnd() adalah sebuah syarat untuk mengakhiri pembuatan vertex(titik)
  4. Vertex adalah sebuah titik yang dapat diinterpretasikan kedalam berbagai bentuk fungsi dari pada openGl.


.
Share this article :