Pemodelan dan simulasi sistem transportasi kapal ferry Kamal - Surabaya

Home » » Pemodelan dan simulasi sistem transportasi kapal ferry Kamal - Surabaya

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Di daerah kabupaten Bangkalan-Madura bagian ujung selatan terdapat sebuah pelabuhan yang hingga kini digunakan untuk media transportasi penyeberangan dari pulau Madura ke kota Surabaya. Kini kebutuhan akan sebuah transportasi sungguh besar, sebab dengan transportasi inilah perjalanan yang seharusnya ditempuh dengan waktu yang cukup lama dapat ditempuh dengan waktu yang singkat.
Walaupun pelabuhan ini bukan merupakan lagi gerbang utama menuju kota Surabaya semenjak dibangunnya jembatan Suramadu tahun 2009, tapi kuantitas seorang penumpang untuk kapal di pelabuhan ini masih tinggi. Sehingga antrian penumpang perseorangan, penumpang roda dua, roda empat bahkan lebih tidak dapat terhindarkan. Antrian ini juga disebabkan dengan minimnya kuantitas kapal yang digunakan untuk alat transportasi ini, apalagi untuk hari-hari yang padat penumpang, seperti halnya : Hari Raya Idul Fitri, Hari Raya Idul Adha dan lain-lain.
Pelabuhan adalah sebuah fasilitas transportasi di ujung samudera, sungai, atau danau untuk menerima kapal dan memindahkan barang kargo maupun penumpang kedalamnya. Sedangkan jenis-jenis dari pelabuhan memiliki banyak jenis tergantung dari mana segi melihatnya. Bila ditinjau berdasarkan segi penyelenggaraanya yaitu pelabuhan umum dan pelabuhan khusus, dari segi fungsingya pelabuhan dibedakan menjadi pelabuhan laut dan pelabuhan pantai, dari segi  penggunannya pelabuhan dibagi menjadi pelabuhan ikan, minyak, penumpang, barang, militer, dan pelabuhan campuran sedangkan bila dilihat dari letak geografisnya dibedakan menjadi pelabuhan alam dan pelabuhan buatan.  Sedangkan untuk kapal bentuk penyeberangan masuk dalam kategori khusus. Ketika akan menaikkan dan menurunkan penumpang tersedia sebuah dermaga yang menjadi perantaranya.

1.2  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang sudah di paparkan diatas, maka dapat diambil sebuah rumusah masalah :
a.       Bagaimana mengatasi antrian penumpang perseorangan dan kendaraan yang ada ketika kebutuhan jasa penyeberangan mengalami peningkatan.
b.      Bagaimana menanggulangi adanya fluktuasi jumlah penumpang tiap hari.

1.3  Batasan Masalah
Adapun batasan masalah yang di tentukan adalah :
a.       Waktu selama pelayaran diasumsikan konstan yakni 30 menit.
b.      Seluruh kapal ferry dioperasikan oleh pihak PT. ASDP (Angkutan Sungai Danau Pelabuhan)

1.4  Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah:
a.  Mendapatkan tabel waktu dari proses penyeberangan untuk mengurangi waktu tunggu di pelabuhan Kamal – Surabaya
b.      Menentukan jumlah armada kapal ferry yang beroperasi saat pelabuhan mengalami peningkatan permintaan. 

1.5  Manfaat Penelitian
Adapun manfaat yang dapat diambil dari penelitian ini adalah:
a.     Menghindari adanya peningkatan penumpukan penumpang perseorangan dan kendaraan yang berada di area pelabuhan penyeberangan.
b.      Memanfaatkan secara maksimal armada kapal ferry yang beroperasi.  

Download File Lengkap nya :








.
Share this article :