Pemodelan dan simulasi sistem transportasi kapal ferry Kamal - Surabaya
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Di daerah kabupaten Bangkalan-Madura
bagian ujung selatan terdapat sebuah pelabuhan yang hingga kini digunakan untuk
media transportasi penyeberangan dari pulau Madura ke kota Surabaya. Kini kebutuhan
akan sebuah transportasi sungguh besar, sebab dengan transportasi inilah
perjalanan yang seharusnya ditempuh dengan waktu yang cukup lama dapat ditempuh
dengan waktu yang singkat.
Walaupun pelabuhan ini bukan
merupakan lagi gerbang utama menuju kota Surabaya semenjak dibangunnya jembatan
Suramadu tahun 2009, tapi kuantitas seorang penumpang untuk kapal di pelabuhan
ini masih tinggi. Sehingga antrian penumpang perseorangan, penumpang roda dua,
roda empat bahkan lebih tidak dapat terhindarkan. Antrian ini juga disebabkan
dengan minimnya kuantitas kapal yang digunakan untuk alat transportasi ini,
apalagi untuk hari-hari yang padat penumpang, seperti halnya : Hari Raya Idul
Fitri, Hari Raya Idul Adha dan lain-lain.
Pelabuhan adalah sebuah fasilitas
transportasi di ujung samudera, sungai, atau danau untuk menerima kapal dan
memindahkan barang kargo maupun penumpang kedalamnya. Sedangkan jenis-jenis
dari pelabuhan memiliki banyak jenis tergantung dari mana segi melihatnya. Bila
ditinjau berdasarkan segi penyelenggaraanya yaitu pelabuhan umum dan pelabuhan
khusus, dari segi fungsingya pelabuhan dibedakan menjadi pelabuhan laut dan
pelabuhan pantai, dari segi penggunannya
pelabuhan dibagi menjadi pelabuhan ikan, minyak, penumpang, barang, militer,
dan pelabuhan campuran sedangkan bila dilihat dari letak geografisnya dibedakan
menjadi pelabuhan alam dan pelabuhan buatan.
Sedangkan untuk kapal bentuk penyeberangan masuk dalam kategori khusus. Ketika
akan menaikkan dan menurunkan penumpang tersedia sebuah dermaga yang menjadi
perantaranya.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang sudah di paparkan
diatas, maka dapat diambil sebuah rumusah masalah :
a.
Bagaimana
mengatasi antrian penumpang perseorangan dan kendaraan yang ada ketika
kebutuhan jasa penyeberangan mengalami peningkatan.
b.
Bagaimana
menanggulangi adanya fluktuasi jumlah penumpang tiap hari.
1.3 Batasan Masalah
Adapun batasan masalah yang di tentukan adalah :
a.
Waktu
selama pelayaran diasumsikan konstan yakni 30 menit.
b.
Seluruh
kapal ferry dioperasikan oleh pihak PT. ASDP (Angkutan Sungai Danau Pelabuhan)
1.4 Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah:
a. Mendapatkan
tabel waktu dari proses penyeberangan untuk mengurangi waktu tunggu di
pelabuhan Kamal – Surabaya
b.
Menentukan
jumlah armada kapal ferry yang beroperasi saat pelabuhan mengalami peningkatan
permintaan.
1.5 Manfaat Penelitian
Adapun manfaat yang dapat diambil dari penelitian
ini adalah:
a. Menghindari
adanya peningkatan penumpukan penumpang perseorangan dan kendaraan yang berada
di area pelabuhan penyeberangan.
b.
Memanfaatkan
secara maksimal armada kapal ferry yang beroperasi.
Download File Lengkap nya :
0 comments:
Post a Comment