Mengembalikan Data Harddisk yang Hilang dan Kena Format

Home » , » Mengembalikan Data Harddisk yang Hilang dan Kena Format
Selamat datang pembaca setia blog Haltar Ilmu. . .

Pada pembahasan kali ini aku akan membantu rekan-rekan yang sedang di rundung musibah yaitu hilangnya data di harddisk yang terkena delete baik disengaja maupun tidak.

Postingan kali ini membahas apa yang telah aku alami dan yang aku lakukan setelah mendapati harddisk ku tanpa sengaja ku format. 

Awalnya aku mau reinstall windows 8.1 ku. Tapi ketika pada sesi partisi, local disk C ku tidak bisa di install ulang karena tipe partisi yang berbeda. Nah dari situ aku searching kemana-kemana sampai ketemu dengan yang nama DISKPART

DISKPART itu ternyata bisa menconvert tipe partisi, pas sekali dengan apa yang aku cari. Lalu aku masuk ke command prompt dan mengetikkan diskpart. Singkat kata singkat cerita aku gagal paham mengenai tutorial yang sudah aku cari, dan Modyarrr data penting ku ludes tak tersisa. Bahkan partisi hardisk menjadi satu lagi, kayak laptop masih baru yang belum terpartisi.

Tapi tenang aja, pahlawan bertopeng akan siap menolong. Dengan menggunakan aplikasi GetDataBack untuk merecovery atau mengembalikan data yang hilang, semua masalah tuntas teratasi.
Application GetDataBack

Caranya sebagai berikut :
  1. Download Aplikasi Recovery GetDataBack, buka aplikasi .rar nya dan perhatikan gambar dibawah ini. Gambar dibawah terdapat folder FAT (untuk flashdisk) dan folder NTFS (untuk harddisk). Jadi rekan-rekan harus menyesuaikan dengan kebutuhan.
  2. Kalau NTFS, bukalah NTFS foldernya dan install-lah seperti menginstall aplikasi-aplikasi yang biasanya.
  3. Jangan install aplikasi di tempat rekan-rekan akan melakukan recovery datanya, installah di tempat yang berbeda.
  4. Setelah proses intallasi selesai, lihat di folder NTFS ada folder reg bukalah folder tersebut dan lakukan install pada file registry nya x64 atau x86. Jadi sesuaikan ya.
  5. Lalu bukalah aplikasi nya, dan nampaklah pilihan untuk melakukan recovery data berdasarkan kondisinya. Disini saya menggunakan pilihan yang tengah "systematic file system damaged".
  6. Klik next untuk ke STEP 1 dan pilih harddisk yang akan di recovery lalu klik next untuk STEP 2.
  7. Tunggulah sampai proses selesai. Lalu jangan kaget kalau muncul banyak pilihan di hasilnya, rekan-rekan pilih yang size nya paling banyak saja. Karena memungkinkan data yang hilang terdapat disitu. dan klik next untuk ke STEP 3
  8. Pada step terakhir ini akan muncul hasil dari recovery nya, data yang hilang akan muncul kembali. Nah untuk mengembalikan datanya ke komputer rekan-rekan, klik kanan saja pada folder nya dan klik copy nanti rekan-rekan akan diarahkan ke direktori tempat akan menyimpan folder / file yang mau di kembalikan.
Note : Dalam penggunaan aplikasi recovery GetDataBack ini memang 90% lebih data akan terbaca kembali, namun hanya sekitar 75%-85% data akan berhasil dikembalikan dengan kondisi baik atau tidak dalam keadaan corrupt.
.
Share this article :