7 Tips dan Kiat Khusus Agar Lolos PKM - Ampuh

Home » , » 7 Tips dan Kiat Khusus Agar Lolos PKM - Ampuh
Selamat datang pembaca setia blog Haltar Ilmu,
pimnas
Program Kreatifitas Mahasiswa
Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan tips dan kiat khusus agar PKM yang kita buat memiliki peluang untuk lolos dan didanai dikti berdasar pengalaman yang saya dapatkan, syukur alhamdulillah kalau PKM nya lulus PIMNAS.

PKM Kewirausahaan, PKM Pengabdian Masyarakat, PKM Teknologi, PKM Karsa Cipta, PKM Penelitian, PKM AI, dan PKM GT merupakan nama program yang di buat pemerintah untuk mahasiswa dalam membuat karya baru dengan kreatifitas yang dimilikinya. Ada unsur wirausaha, unsur sosial, unsur teknik, unsur pertanian, unsur jurnalis, dll.

Hingga sekarang saja puluhan ribu mahasiswa mengikuti nya, dan hanya ratusan yang lolos didanai dikti, serta hanya 100 tim saja yang akan lolos pimnas. Jadi program ini sangat bergengsi bagi rekan-rekan khususnya mahasiswa.

Baiklah, saya akan menjelaskan 7 tips dan kiat khusus agar PKM lolos untuk didanai oleh DIKTI :
  1. Tentukan Jenis PKM
  2. Pilihlah jenis PKM yang sekiranya sesuai dengan kemampuan anda dan topik yang sudah rekan-rekan buat. Penentuan yang pas untuk topik dan jenis pkm sangat berpengaruh. Jadi kalau isi topik nya tentang Penelitian, maka daftarkanlah PKM nya kedalam kategori PKM Penelitian.
  3. Tentukan IDE PKM
    Carilah ide PKM dari PKM yang sudah lolos sebelumnya dan mengembangkannya.
  4. Ide PKM tidak unik juga tak apa, yang terpenting dari ide PKM adalah diterimanya dan dibutuhkannya pelaksanaan dari ide tersebut oleh masyarakat di waktu yang sama. Sehingga ada manfaat untuk masyarakat dari pelakasaan tersebut.
  5. Tentukan Judul PKM
  6. Judul PKM yang rekan-rekan pilih setidaknya mengandung keunikan, singkatan unik, dan relevansi dengan isi Proposal PKM. Misal : BANDENG PRESTO (Bahan Ajar Dengan Presentasi Video dan Animasi Tutorial. Judul yang unik akan membuat juri ingin membaca lagi isi dari PKM, karena rata-rata seorang juri menilai dari judul nya dulu.
  7. Ikuti Rule
  8. Ikutilah rule yang sudah ditetapkan oleh panitia PKM. Baca buku pedoman pkm yang disediakan oleh dikti, penuhi seluruh persyaratannya. Karena satu saja tidak terpenuhi maka harapan lolos menjadi berkurang. Misal surat pernyataan dari dosen pembimbing, surat pernyataan ketua, surat pernyataan mitra, dan aturan-aturan lainnya. Semua aturan harus dipenuhi agar lolos dan didanai dikti.
  9. Cari Dosen Pembimbing
  10. Dosen pembimbing itu penting,karena yang membenahi hasil kerja rekan-rekan ketika salah adalah dosen pembimbing. Carilah dosen pembimbing yang sudah berpengalaman dan berprestasi, misalnya beliau juga pernah ikut PKM khusus dosen dan ternyata lolos. Carilah dosen pembimbing yang mementingkan kepentingan mahasiswanya, karena beliau akan berfikir keras untuk memberikan yang terbaik bagi hasil karya rekan-rekan.
  11. Minta PKM dari Teman Yang Sudah Lolos
  12. Mintalah contoh PKM yang lolos dana hibah dikti, misal meminta ke kenalan contoh PKM nya dan pelajari lebih dalam poin-poin yang dipaparkan dalam proposal PKM tersebut. Karena itu dapat dijadikan referensi untuk rekan-rekan yang akan membuat proposal PKM.
  13. Baca Cerita Mahasiswa Yang Lolos di Internet
  14. Carilah cerita-cerita mahasiswa yang sudah pernah lolos PKM dana hibah dikti maupun lolos pimnas, cari tahu apa yang mereka dapatkan ketika mereka lolos PKM dan jadikan itu sebuah motivasi bagi rekan-rekan untuk lolos juga dalam dana hibah dikti dan pimnas. 
Baiklah, itu saja yang dapat saya share ke rekan-rekan, semoga ada manfaatnya.
Terimakasih sudah berkunjung ke Haltar Ilmu, Salam Blogger Indonesia.
.
Share this article :